Slider

Cari Blog Ini

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Kriminal

Nasional

Daerah

Politik & Hukum

Ekonomi

Olahraga

Hiburan

» » » Buron 6 Tahun, Terduga Kasus Korupsi Ditangkap KPK Sesuai Pulang Haji

Selecta news.-Teguh, terduga kasus korupsi mark-up akses jalan Lapangan Terbang Atung Bungsu, Kota Pagaralam, Sumatera Selatan, akhirnya ditangkap setelah menjadi buronan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) selama enam tahun.

Teguh ditangkap petugas gabungan dari KPK dan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Selatan setelah turun dari pesawat di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang pada Senin (27/8/2018) setelah pulang melaksanakan ibadah haji.


Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Selatan AKBP Herwansyah mengatakan, Teguh adalah kontraktor dalam pembangunan akses Lapangan Terbang Atung Bungsu pada 2013.

Teguh dinyatakan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) setelah tidak menghadiri panggilan penyidik KPK untuk dimintai keterangan sebagai saksi. Sejak tak diketahuinya keberadaan Teguh, KPK akhirnya menerbitkannya sebagai DPO.

"Saat diketahui yang bersangkutan pulang dari haji, kami bersama KPK langsung melakukan penangkapan. Yang bersangkutan DPO sejak 2013," ujar Herwansyah, Kamis (30/8/2018).

Herwansyah menambahkan, Teguh diduga mark-up hingga menimbulkan kerugian negara sebesar Rp 5 miliar atas pembangunan lapangan terbang dari total anggaran sebesar Rp 23 miliar.
“Peran dari Teguh didapatkan dari keterangan pejabat pembuat komitmen (PPK) Teddy Juniastanto yang sudah menjalani proses hukum dan divonis 4,5 tahun penjara,” ungkapnya.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara menambahkan, penangkapan terhadap Teguh dilakukan bekerja sama dengan KPK.
"Kami berkoordinasi dengan KPK karena KPK memiliki peralatan yang lebih canggih dibanding dengan Polda untuk melakukan pelacakan. Mengetahui tersangka baru pulang dari haji, makanya KPK dan penyidik langsung melakukan penangkapan bersama-sama,” ungkap Zulkarnain.(slct/red)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply