Slider

Cari Blog Ini

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Kriminal

Nasional

Daerah

Politik & Hukum

Ekonomi

Olahraga

Hiburan

» » Debat Kandidat Pilgub Sumut Bantu Masyarakat Menilai Calon Gubernur

selectanews.co.id, Medan-Debat kandidat calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara diharapkan dapat menggali kapasitas pasangan calon (paslon) sehingga masyarakat dapat menilai calon pemimpinnya.

“Kita berharap debat ini bisa mengeksplore kapasitas, kemampuan para paslon sehingga pemilih disuguhi kualitas, bisa menilai calon, membantu mereka dalam menentukan pilihannya, itu harapan kita,” ujar Komisioner KPU Sumut, Benget Silitonga di Medan, Sabtu (5/5/2018).

Benget menuturkan, debat kandidat pertama ini dilakukan secara meriah dan terbuka oleh KPU Sumut dan disiarkan secara langsung oleh RRI, TVRI dan tv swasta nasional, agar dapat diketahui masyarakat luas.

Dikatakan Benget, tema yang akan diangkat dalam debat kandidat yang digelar di Hotel Santika Medan, hari ini yakni “Tata Kelola Pemerintah yang Bebas Korupsi”. Para kandidat nantinya akan akan menyampaikan visi misi terkait tema dan menjawab pertanyaan sesuai tema.

“Pada intinya debat akan diisi dengan pertanyaan-pertanyaan yang dihasilkan tim penyusun materi yang kami bentuk, berasal dari kalangan professional dan akademisi, bukan partisan. Pertanyaan itu sampai sekarang pun kita belum tau karena mereka masih merahasiakannya,” ungkapnya.
Dijelaskan benget, ada 8 segmen dalam debat yang akan berlangsung selama 90 menit tersebut dan metode tiap segmen berbeda-beda. 

Pertama adalah pembukaan oleh pembawa acara. Segmen kedua mereka akan dimintakan untuk menyampaikan visi misi terkait tema. Jadi masing-masing paslon nanti diberi waktu untuk menyampaikan tema apa yang akan mereka sampaikan, kemudian segmen selanjutnya diisi dengan pertanyaan dari moderator yang telah disipakan tim penyusun materi yang sifatnya umum dan ditujukan pada pasangan calon. 

“Nanti juga ada segmen yang diminta kepada  paslon mengambil pertanyaan kemudian dibuka moderator dan ditanyakan pada paslon yang satu. Nanti mereka bisa saling menanggapi,” ujarnya.
Benget menambahkan, selain acara debat inti antar calon gubernur yang akan saling melempar pertanyaan juga akan ada segmen debat antar cawagub.

Dalam debat nanti hanya ada pasangan calon dan moderator yang akan memandu jalannya debat hingga akhir. Sedangkan tim perumus tidak akan tampil pada debat tersebut.(jul)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply